Minggu, 19 Mei 2013

Promosi Murmer untuk Bisnis Anda

Jumat, 17 Mei 2013 - 10:47:55 WIB
artikel-bisnis Promosi Murmer untuk Bisnis Anda
Diposting oleh : admineciputra    - Dibaca: 387 kali


promosi0413

Artikel Bisnis

Tantangan utama bisnis baru ialah membuat usaha Anda dikenal luas masyarakat. Tentunya, dengan dikenalnya usaha Anda akan membuat bisnis Anda makin moncer. Jika sudah dikenal, Anda harus dapat mengatur bagaimana mempertahankan merek di mata konsumen.
Anda bisa melakukannya dengan promosi. Di era digital saat ini, Anda dapat menekan biaya dalam melakukan promosi.
Berikut ini beberapa murah yang bisa anda lakukan untuk promosikan bisnis Anda:
1. Lakukan survei pelanggan
Banyak situs yang menyediakan jasa survei, seperti Survey Monkey and Zoomerang, yang bisa membantu Anda mencari efek balik dari konsumer. Selain itu, dengan melakukan survei maka perusahaan Anda akan makin dikenal pelanggan.
Lakukan survei tersebut secara berkala tapi jangan terlalu sering. Kelebihan survei ini juga membuat Anda lebih mudah dalam mendiversifikasi produk atau jasa yang Anda jual. Masukan hasil survei ini ke situs atau laman Facebook, sekalian sebar juga ke email para pastisipan sehingga mereka tahu hasilnya seperti apa.
2. Biarkan website bercerita tentang perusahaan Anda
Supaya tidak repot untuk menjelaskan perusahaan Anda kepada pelanggan, rancanglah sebuah situs resmi yang mudah diakses. Ceritakan secara lengkap latar belakang berdirinya perusahaan sampai masalah-masalah yang sudah pernah dilewati.
Harapannya, pelanggan bisa mengerti jenis bisnis serta target dari perusahaan anda. Libatkan juga komentar-komentar atau penilaian yang diberikan oleh konsumen di situs anda untuk memberikan gambaran dari sisi pelanggan.
3. Pertahankan aktifitas di dunia maya
Banyak perusahaan yang membuat halaman Facebook atau LinkedIn tapi tidak pernah diurus dengan baik dan dibiarkan begitu saja. Jika tidak ada aktifitas di halaman dunia maya, maka eksistensi Anda tidak akan diketahui
Secara rutin update halaman jejaring sosial. Cari sesuatu yang bisa menarik pelanggan, seperti diskon untuk mereka yang me-'like' halaman Facebook Anda atau yang sering me-'retweet' kicauan anda. Dengan banyaknya aktifitas di dunia maya, perusahaan Anda lebih mudah ditemukan oleh situs mesin pencari.

4. Diliput media massa
Jika anda punya pelanggan yang baik dan puas akan perusahaan anda, mintalah ia menyebarkan berita tersebut dari mulut ke mulut. Dalam jangka panjang, semoga kabar dari mulut tersebut sampai ke telinga wartawan yang penasaran seperti apa bisnis yang anda jalankan.
Tidak perlu mengejar media besar, untuk awal tidak ada salahnya untk diberitakan oleh media kecil dengan skala lokal. Bahkan sebuah media yang kecil pun punya imbas cukup besar bagi eksistensi anda. Siapa tahu suatu saat bisnis anda bisa masuk untuk diberitakan oleh media besar jika anda cukup sabar.
5. Jadilah ahli di bidangnya
Pertajam terus keahlian anda di bidang yang sesuai dengan bisnis dan perusahaan anda. Dengan menjadi ahli atau seorang profesional, kesempatan publikasi secara gratis bisa datang kapan saja.
Anda bisa menjadi pembicara di seminar, menjadi konsultan dadakan bagi mereka yang baru memulai bisnis serupa, bahkan menjadi nara sumber di sebuah berita. Anda juga bisa ikut gabung dalam sebuah asosiasi untuk memperdalam ilmu dan berbagi pengalaman.
Selain membuka peluang rekanan bisnis baru, bergabung dalam asosiasi juga bisa memperlebar usaha dan basis pelanggan Anda.
6. CSR
Memberi sumbangan atas nama perusahaan bukan berati tidak ikhlas atau memanfaatkan situasi, tapi anggaplah sumbanga tersebut sebagai corporate social responsibility (CSR) alias program sosial dan bina lingkungan yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan besar.
Berhubung perusahaan yang anda bangun baru saja mulai dan masih tumbuh jadi tidak ada salahnya untuk memberikan sumbangan atau donasi supaya bisa lebih dikenal lagi. Calon pelanggan potensial juga biasanya akan lebih mudah melihat dan menilai anda dari program tersebut. (as/cnbc)
 
 Eciputra.com , Ciputraentrepreneurship.com , Ciputranews.com , Properti.net
 

'Promosi Murmer untuk Bisnis Anda ':

Artikel Bisnis Lainnya
  • Tingkatkan Produktivitas dengan Lupakan Email Sama Sekali Tips Bisnis Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memeriksa dan membalas setiap email yang berdatangan di kotak masuk Anda yang seakan tak ada habisnya, cobalah untuk menerapkan solusi berikut ini, sebagaimana dilansir dari HBR Guide to Â�Getting the ... Artikel Bisnis

  • Hary Tanoe: Inovasi untuk Selalu Jadi Nomor Satu CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mengaku semasa sekolahnya di SMP dan SMA sangat malas dan sering bolos, bahkan sempat kena skors. Namun hal tersebut hanyalah masa kelam baginya, saat ini HT telah menjadi raja di bisnis media. "Dulu itu waktu sekolah saya ... Artikel Bisnis

  • Louis Barnett: Dirikan Bisnis Coklat Skala Global dari Usia 12   Bisnis Kuliner Saat Anda bertemu dengan Louis Barnett, mungkin Anda tidak akan percaya bahwa ia baru berumur 20 tahun. Padahal sebenarnya Barnett telah banyak mengecap asam garam dunia bisnis selama bertahun-tahun. Sulit membayangkannya harus bekerja keras dalam ... Artikel Bisnis

  • Focussed Group Discussion Penting untuk Bisnis Anda Kiat Berwirausaha Focus Group Discussion merupakan salah satu metode yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset pemasaran selain survey dan kuisioner. Orang Indonesia menyebutnya Diskusi Kelompok Terarah. Seperti yang anda lihat dari namanya, Focus Group Discussion atau FGD ... Artikel Bisnis

  • Laba Ternak Love Bird Ternyata Cukup Menjanjikan Bisnis Peternakan Pernahkah Anda mendengar tentang burung cinta? Warna yang indah, serta tingkah laku burung ini ternyata mampu mencuri hati para penggagum burung untuk dikoleksi. Dibalik keindahan warna burung ini, ternyata menyimpan omzet yang luar biasa. Ingin tahu keunggulan ... Artikel Bisnis


Jual Beli Online

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar